Subject and Verb ( bag. 1)

Subject - Verb merupakan elemen pokok dalam sebuah kons-truksi kalimat. Apabila elemen pokok ini tidak dapat dideteksi peserta tes, sulit baginya untuk bisa mengerjakan soal Structure and Written Expression bagian pertama, yakni dari nomor 1-15. Hal ini karena frekuenst kemunculan soal jenis ini mencapai lebih dari 40% dalam sebuah tes TOEFL. Perlu diketahui bahwa ke sulitan mendeteksi Subject dan Verb sering disebabkan oleh ha-dirnya kata tertentu yang mengecoh dan juga konstruksi kalimat yang kompleks. Berikut ditampilkan contoh-contoh dimaksud.
- Monkeys mother their babies.
- Usually museums house a collection of objects
- having historical values.
- Apart from some small areas which did not get
- enough rain during the rainy season last year, the
harvest in South Sulawesi was very good.
Kalimat pertama berpotensi membingungkan pembaca karena hadirnya kata ''mother" dapat mengecoh pembaca dalam memaknai kalimat tersebut- Apabila sebagai calon peserta tes, Anda termasuk orang yang bingung memahami makna kalimat tersebut, ada kemungkinan Anda mengalami kesulitan dalam melihat elemen kunci kalimat, yakni Subject dan Verb. Subject kalimat tersebut adalah 'Monkeys'. Dengan demikian dapat di-pastikan bahwa "mother" adalah predikat kalimat tersebut. Perlu diketahui bahwa dalam bahasa Inggris berlaku ketentuan bahwa predikat kalimat selalu dalam bentuk kata kerja (verb) Oleh karena "mother' merupakan "verb" maka kata tersebut tidak mungkin diartikan "ibu"\ Arti kata '"mother" dalam konteks terse¬but lebih tepat "mengasuh" atau -memelihara.
Seperti halnya kalimat pertama. kalimat kedua pun berpo-tensi mengecoh pembaca lantaran hadirnya kata "house" agak mengganggu. pemaknaan kalimat tersebut. Apabila Anda mampu 
melihat Subject dan Verb kalimat tersebut, niscaya Anda tidak akan terkecoh dengan munculnya kata 'house' di atas. Subject kalimat tersebut adalah 'museums'. Dengan demikian dapat di-simpulkan 'house' merupakan Verb kalimat tersebut. Oleh karena 'house' merupakan Verb kalimat, bisa dipastikan bahwa arti kata 'house' dalam konteks tersebut bukanlah rumah. Arti yang tepat untuk kata 'house' dalam konteks demikian adalah 'menam-pung'.
Lain dengan kalimat pertama dan kedua, kalimat ketiga tidak
diwarnai oleh hadirnya kata-kata yang bermakna ganda seperti 'mother' dan 'house'. Kata-kata yang mendukung kalimat ketiga adalah kata-kata yang tak berpotensi mengecoh pembaca. Namun konstruksi kalimat tersebut dapat menyulitkan pembaca untuk mendeteksi Subject dan Verb kalimat tersebut. Apabila tidak hati-hati, seseorang mungkin akan mengira bahwa 'some small areas' adalah Subject kalimat tersebut dengan 'did not get' sebagai
Verb-nya. Analisis demikian tidak benar karena frasa 'some small areas' hanya melengkapi konstruksi adverb yang diawali frasa 'apart from'. Yang benar, Subject kalimat di atas adalah 'the harvest' dengan 'was sebagai Verb-nya.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top