Punctuation

     Punctuation atau tanda baca, terutama 'tanda koma' sering tidak diperhitungkan oleh peserta tes ketika mengerjakan soal Structure and Written Expression bagian Sentence Completion. padahal tanda baca 'koma' ini memiliki peran penting dalam hal membantu peserta tes menentukan jawaban secara tepat atas soal yang berhubungan dengan identifikasi Subject dan Verb. Memang benar bahwa tanda baca tidak diujikan secara eksplisit dalam TOEFL, tetapi kehadiran tanda baca 'koma' dalam kalimat-kahmat dapat dijadikan acuan untuk mendeteksi letak Subject atau Verb. Perhatikan contoh-contoh berikut: 
1. Although she was sick, she attended the lecture yesterday. 
2. Located in Florida, the city of St. Augustine is the oldest city in the United States. 
3. To study overseas, you need at least 550 on your TOEFL score. 
4. Having won the badminton championship, he was praised by his officials. 
5. She attended the lecteure yesterday although she was sick 
6. The world's highest peak, Mount Everest, is in the Himalayas. 
7. A good worker is conscientious, reliable, diligent, and efficient. 
8. Both in the extent of its area 1,905,443 square kms, and in terms of its population, currently estimated at 220 million people, Indonesia is the largest of the nations of South East Asia. 
9. Although he was not feeling well and was very tired, Hasan, who is a very hard-working student, went to his lectures yesterday.
      Contoh-contoh di atas dapat memberikan informasi penting kepada kita bahwa pada umumnva: 
1. Apabila dalam sebuah kalimat terdapat satu 'tanda koma' maka letak Subject ada di belakang 'tanda koma' tersebut (lihat contoh 1, 2, 3, dan 4 di atas) 
2. Apabila dalam sebuah kalimat tidak terdapat 'tanda koma', maka letak Subject ada pada posisi paling depan dalam kalimat tersebut (lihat contoh 5) 
3. Apabila dalam sebuah kalimat terdapat dua 'tanda koma' atau lebih, maka Subject dapat muncul pada posisi paling depan kalimat atau setelah salah satu 'tanda koma' (lihat contoh 6, 7, 8, dan 9).

     Untuk mendeteksi Subject pada kalimat yang mengandung dua 'tanda koma' atau lebih Anda harus mencermati kata yang menduduki posisi paling awal kalimat dan kata yeng terletak setelah tanda koma. Perhatikan apakah salah satu kata tersebut mengandung ciri-ciri kebendaan atau tidak. Hal ini karena Subject kalimat selalu diwakili kata/frasa/klausa benda. Lihat contoh nomor 8. Kata/frasa yang pertama muncul dalam kalimat itu adalah kata both yang diikuti kata in. Dua kata tersebut tidak memenuhi unsur kebendaan. Kata lain setelah 'tanda koma' adalah kata and. Kata ini juga bukan kata benda atau yang menunjukkan ciri kebendaan. Kata yang dapat kita lihat setelah 'tanda koma' yang lain adalah kata Indonesia. Kata Indonesia mewakili kata benda, maka kata ini lah yang merupakan Subject kalimat tersebut. 
    Lihat juga contoh nomor 9. Kata pertama dalam kalimat tersebut adalah Although. Kata ini tidak mewakili kata benda. Berarti Subject kalimat ini adalah salah satu dari kata yang berada di belakang dua 'tanda koma'. Dari dua kata yang berada di belakang dua 'tanda koma' itu, kata Hasan merupakan kata yang mewakili kata benda. Maka Hasan dapat dipastikan merupakan Subject dari kalimat tersebut. Seperti dijelaskan pada bagian A di atas, 'tanda koma' tidak diuji-kan secara eksplisit dalam tes TOEFL, namun kehadirannya sangat membantu kita menentukan letak Subject dan Verb kalimat. Dengan mengetahui letak Subject dan Verb sebuah kalimat, se-orang peserta tes akan mudah menentukan jawaban atas bagian yang dipertanyakan dalam soal. Apalagi jika yang dipersoalkan dalam tes adalah Subject atau Verb itu sendiri. Perhatikan contoh-contoh soal dalam tes yang mengandung 'tanda koma' seperti berikut: 
1. Although fish do not have outer ears,---------------- have a simple inner ear on either side of the head. 
(A) there are varieties 
(B) they are varieties 
(C) some varieties 
(D) which varieties 
2. When Columbus --------------- America in 1492, the continents may have been peopled by as many as twenty-five to fifty-million Indians. 
(A) who discovered 
(B) discovering 
(C) discovered 
(D) to discover 
3- ------- the fifth largest among the nine planets tha make up our solar system 
(A) The Earth is 
(B) The Earth being 
(C) That the Earth is 
(D) Being the Earth 
4. Hollywood, the heart of America's motion picture industry -------------- of Los Angeles a century ago. (A) was only a quiet suburb 
(B) only quiet suburb was 
(C) quiet suburb only was 
(D) suburb was quiet only 
5. A home computer --------------- an opportunity for convenient and efficient work at home. 
(A) provides 
(B) to be providing 
(C) which provides 
(D) providing it 
      Pada kalimat no 1 terdapat satu 'tanda koma' Ini berarti Subject kalimat tersebut persis berada di belakang 'koma' tersebut. Secara kebetulan, di belakang 'koma' adalah bagian kosong (titik-titik) yang diikuti oleh Verb. Dengan demikian, pilihan yang harus diambil untuk mengisi bagian kosong tersebut adalah pilihan yang mewakili Subject kalimat. 
     Opsi (A) dan (B) bukan opsi yang memenuhi ketentuan ini karena baik opsi (A) maupun (B) memiliki Subject dan Verb, padahal yang dibutuhkan hanya Suibject saja. Pilihan (D) tidak tepat karena kata which dalam opsi tersebut tidak membentuk frasa benda, padahal yang dapat rneniadi Subject hanya kata/frasa/klausa benda. Bagian yang secara tepat mengisi kalimat tersebut adalah (C) some varieties. 
     Pada kalimat no 2 terdapat satu ltanda koma'. Dengan demikian bisa dipastikan bahwa Subject kalimat tersebut adalah the continents yang berada persis di belakang 'tanda koma' tersebut dengan may have been peopled sebagai Verb-nya. Untuk menjawab soal no 2, Anda harus dapat melihat secara pasti bagian I yang dipersoalkan kalimat tersebut. Oleh karena kalimat tersebut di awali dengan Connector (When) yang diikuti oleh Subject (Colombus) dan diikuti bagian yang dipertanyakan (titik-titik), maka bagian yang dapat mengisi titik-titk tersebut hanyalah Verb, sehingga konstruksi kalimat tersebut selengkapnya adalah Connector Subject Verb, Subject Verb. Satu-satunya opsi yang masuk nominasi adalah (C) discovered. Pilihan (A), (B), atau (D) tidak dapat menjadi Verb. 
      Pada kalimat no 3 tidak dijumpai 'tanda koma'. Ini berarti Subject kalimat tersebut adalah bagian paling depan dari kalimat tersebut. Secara kebetulan, bagian yang paling depan adalah bagian yang dipersoalkan dalam kalimat no 3. Oleh karena Verb kalimat juga tidak terlihat pada data soal, maka bisa dipastikan pula bahwa Verb ikut tersembunyi bersama Subject. Dengan demikian bag|an yang hilang pada kalimat tersebut adalah Subject dan Verb. Satu-satunya opsi yang memenuhi kriteria analisis di atas adalah pilihan (A) The Earth is. Pada kalimat no 4 terdapat dua 'tanda koma'. Ini berarti Subject kalimat tersebut dapat berada di bagian paling depan kalimat atau setelah 'tanda koma'. 
     Pembacaan sekilas kalimat no 4 menuntun kita untuk berkesimpulan bahwa Subject kalimat tersebut adalah 'Hollywood' karena kata ini adalah kata benda atau mengandung ciri-ciri kebendaan. Oleh karena data soal tidak menunjukkan adanya Verb, maka dapat dipastikan bahwa bagian yang dipersoalkan pada kalimat tersebut adalah Verb. Satu-satunya opsi yang masuk kriteria menurut analisis di atas adalah opsi (A) was only a quiet suburb. 
    Pada kalimat no 5 tidak dijumpai 'tanda koma' Ini berarti Subject kalimat tersebut adalah bagian paling depan kalimat, yakni A home computer. Dari data soal diketahui bahwa setelah Subject A home computer terdapat bagian kosong (titik-titik) Dapatlah dipastikan bahwa bagian yang tepat mengisi bagian kosong tersebut adalah Verb. Dengan demikian, pilihan yang tepat melengkapi soal no 5 adalah (A) provides.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top