Subject and Verb (bag.2)

    Kalimat dapat mengandung satu pasang unsur Subject - Verb atau dua pasang unsur Subject - Verb, bahkan terkadang lebih. Kalimat dengan satu pasang unsur Subject - Verb disebut kalimat tunggal atau simple sentence, sementara kalimat yang terdiri dari dua unsur Subject - Verb atau lebih dinamakan kalimat majemuk atau complex sentence. Contoh: 
 -Edgar Allan Poe is one of the most widely read American writers.
    s                        v   
- She can not come here today because she is sick. 
   s      v                                 connector s  v 
- Although he did not feel well, he went to lectures yesterday. 
connector    s         v                     s    v 
    Perhatikan bahwa kalimat tunggal memiliki susunan S V; sementara kalimat kompleks bersusun S V Connector SV (tanpa hadirnya tanda koma) atau Connector S V, SV (dengan tanda koma) Ketika mengerjakan soal jenis ini, seorang peserta tes harus sangat hati-hati mendeteksi S, V, dan Connector. Peserta harus pula mempertimbangkan hadirnya 'tanda koma' apakah 'tanda koma' itu memisah anak kalimat (ditandai dengan hadirnya connector) dan induk kalimat (tanpa connector) Perhatikan dengan cermat bagian mana yang merupakan Subject dan Verb utama (Induk Kalimat atau Main Clause); bagian mana yang merupakan Subject dan Verb lainnya (Anak Kalimat atau Sub Clause); dan bagian mana yang merupakan penghubung {Connector) antara dua klausa tersebut. Kemampuan melihat Subject dan Verb pada masing-masing klausa dan juga connector antar klausa tersebut dalam kalimat adalah prasyarat utama untuk mengatasi persoalan yang berhubungan dengan Subject - Verb. 
Contoh Soal: 
1 . -------------occasions for congratulations. 
(A) Birthdays that usually considered 
(B) Usually considering birthdays (
C) Birthdays are usually considered 
(D) That considered birthdays usually 

2-------------- ants live in colonies, keep farms, go to war, carry off slaves, and have a society somewhat like human beings. 
(A) Studies of ant life show that 
(B) Studies of ant life that
(C) That is studied
(D) That the studies of ant life 

3.------------Robert Fulton invented the steamship and impro-ved the submarine, his main achievement lay in making steamboats profitable. 
(A) Although 
(B) However 
(C) If 
(D) That 

4. It is possible ------------may assist some trees in saving water in the winter. 
(A) the leaves are lost 
(B) when leaves were lost 
(C) that the loss of leaves 
(D) to lose leaves 
   Untuk menjawab soal nomor 1 seorang peserta tes harus mampu mendeteksi bagian yang hilang dalam kalimat. Jika Anda menganalisis dengan benar maka Anda akan melihat bahwa kalimat nomor 1 belum mengandung unsur SV. Untuk itu cari alternatif jawaban yang mengandung unsur SV. Pilihan (A), (B), dan (D) tidak masuk dalam nominasi ini karena tidak terpenuhinya unsur SV dalam konstruksi pilihan-pilihan tersebut. Pilihan (C) adalah pilihan yang tepat karena telah memenuhi unsur S (Birthdays) dan V (are) 

2________ants live in colonics, keep farms, go to war, carry off slaves, and have a society somewhat like human beings. 
(A) Studies of ant life show that 
(B) Studies of ant life that 
(C) That is studied 
(D) That the studies of ant life 
      Untuk menjawab soal nomor 2, perhatikan dengan cermat konstruksi kalimat tersebut. Kalimat tersebut memiliki beberapa tanda baca 'koma'. Apabila dilihat dengan teliti tanda baca tersebut memisah bagian sebagai berikut: .........ants live in colonies, keep farms, go to war, carry off slaves, and have a society somewhat like human beings Bagian-bagian yang terpisah 'koma' ini adalah verb parallel yang semuanya mengacu pada subject ants. Namun jika kita cer-mati lebih dalam lagi, 'ants' dalam konteks kalimat nomor 2 mi bukan merupakan subject utama karena sebelum kata 'ants' ada kata-kata lain (kata-kata inilah yang dipersoalkan dalam soal nomor 2) Jika dipasangkan dengan alternatif jawaban, maka pilihan (A) merupakan pilihan yang paling tepat untuk pasangan tersebut. Perhatikan gabungan dua bagian tersebut sebagai berikut: Studies of ant life show that ants live in colonies, keep farms, go to wara Subject Verb Object carry off slaves, and have a society somewhat like human beings 

3- -------- Robert Fulton invented the steamship and improved the submarine, his main achievement lay in making steamboats profitable. 
(A) Although 
(B) However 
(C) If 
(D) That 
    Hadirnya tanda baca 'koma' pada soal nomor 3 memberikan masukan penting dalam analisis kalimat. Dalam struktur kalimat kompleks, munculnya 'koma' merupakan pertanda bahwa setelah tanda baca tersebut akan muncul Subject dan Verb utama. Dengan demikian bagian sebelum 'koma' merupakan anak kalimat yang lazimnya ditandai dengan hadirnya Connector sebelum Subject Verb anak kalimat. Untuk lebih jelasnya kalimat di atas kita analisis sebagai berikut: Robert Fulton invented the steamship and Connector S V improved the submarine, his main achievement lav in making S V steamboats profitable. Dari analisis tersebut bisa dipastikan bahwa bagian yang dipertanyakan harus diisi dengan connector. Dan connector yang sesuai untuk kalimat tersebut adalah Although (A) 

 4. It is possible ------------ may assist some trees in saving water in the winter.  
(A) the leaves are lost 
(B) when leaves were lost 
(C) that the loss of leaves
(D) to lose leaves 
    Kalimat nomor 4 terlihat jelas konstruksinya, yakni S V--------V ini bisa dilihat dari analisis berikut: may assist some trees in saving water in the V It is possible SV winter Dapat dipastikan bahwa bagian yang harus diisikan adalah Connector dan S karena hadirnya kedua bagian kalimat ini akan melengkapi konstruksi dengan benar, sehingga bangunan kalimat tersebut akan menjadi: SV Con SV

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top