Predicting/Guessing

Apabila sebagai calon peserta tes TOEFL Anda memiliki masa-lah dengan vocabulary, Anda harus berani melakukan guessing atau predicting terhadap soal yang Anda kerjakan, terutama soal yang berhubungan dengan persamaan kata. Anda tidak boleh menyerah menghadapi pertanyaan yang mengarah pada kata yang tidak Anda kenal sama sekali. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan teknik guessing atau predicting. Oleh karena guessing ini lebih menitikberatkan pada ketrampilan menerka, maka kemung-kinan salah selalu ada. Namun demikian, apabila Anda menguasai teknik guessing dengan baik, niscaya Anda akan dapat memperkecil kemungkinan terjadinya 'salah pilih' jawaban.
Saat Anda melakukan guessing, anda harus memperhatikan betul konteks bacaan yang mendukung makna kata yang anda terka ini. Perhatikan contoh-contoh berikut:
What does 'ravenous' mean in the following sentence ? "Could I have a piece of bread ? I missed breakfast and I'm simply ravenous.
Dari kata-kata di sekitar kata 'ravenous', juga dari rangkaian informasi yang diawali dengan permintaan roti (Could I have a piece of bread), seorang pembaca bisa menerka bahwa kata 'ravenous' yang dimaksud dalam teks tentulah sepadan dengan kata 'hungry' atau lapar.

What does 'gaudy' mean in the following sentence ?,
"She was weanng such 'gaudy' clothes that it was
her in the crowd. clothes that  it was easy to find
Kata-kata lain di sekitar 'gaudy' mengarahkan pembaca pada satu pemahaman bahwa karena pakaiannya yang 'gaudy' itulah yang menyebabkan dia mudah ditemukan ditengah-tengah kerumunan. Pembaca bisa menerka bahwa 'gaudy' dalam konteks di atas tentulah sepadan dengan kata norak alam bahasa Indonesia atau 'very bright and colorful .                                                                
Oleh karena guessing tidak dapat dipisahkan dari soal yang berhubungan dengan vocabulary, maka pembahasan tentang guessing akan lebih detail pada unit yang membahas tentang vocabulary.
Setelah mempelajari ketrampilan membaca cepat dengan teknik previewing, scanning, skimming, dan guessing ini, calon peserta tes TOEFL harus selalu ingat bahwa ketika mengerjakan soal Reading Comprehension yang bersangkutan tidak boleh membaca dengan per-iahan-lahan, penuh kehati-hatian, dari A sampai Z. Manfaatkan ketrampilan Previewing sebagai langkah awal mengerjakan soal. Setelah itu, segeralah baca soal dan gunakan teks bacaan hanya untuk menja-wab soal-soal. Di bawah ini dipaparkan soal-soal yang diujikan dalam TOEFL, terutama yang berhubungan dengan Reading Comprehension. Pelajari masing-masing unit sebaik-baiknya.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top