Reduced Clause

Reduced Clause atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai 'Klausa Buntung merupakan klausa yang disusutkan (reducl sehingga seolah-olah tidak menyerupai klausa lagi karena telah kehilangan unsur Subject atau verb-nya. Unsur Subject dan Verb itu sendiri sebenarnya tidak hilang, tapi tersirat pada konteks yang tercipta dari kalimat tersebut. Menurut Phillips (2001) Reduced Clause ini hanya terjadi pada adjective clause dan adverb clause saja. Perhatikan contoh-contoh berikut:
- Although not really difficult, the exam took a lot of time
- My friend should be on the train arriving at the station now
Pada contoh kalimat yang pertama, yakni pada bagian sub?clause atau anak kalimat (Although not really difficult) tidak dike-temukan adanya unsur Subject dan Verb. Hilangnya unsur Subject dan Verb pada kalimat tersebut adalah karena telah disusutkan. Penyusutan Subject dan Verb itu sendiri tidak bisa asal dilakukan. Penyusutan pada umumnya dapat dilakukan apabila Subject dari sub-clause itu sama dengan Subject dari induk kalimat (main clause) Pada kasus kalimat pertama tersebut kebetulan subject pada sub-clause dan main clause adalah sama, yakni the exam. Apabila kalimat pertama tidak disusutkan, kalimat tersebut akan berbunyi:
Although (the exam was) not really difficult, the exam took a lot of time
Jika kalimat pertama merupakan contoh reduced clause yang terjadi pada bentuk adverb-clause, maka pada kalimat kedua, reduced clause terjadi pada adjective clause. Pada dasarnya pnnsip penyusutannya sama, yakni jika ada bagian yang sama, maka salah satu unsur itu dapat dihilangkan dengan prosedur tertentu. Untuk adjective clause bagian yang disusutkan adalah 'kata benda yang sama. Hal ini karena adjective clause berfungsi menerangkan
?

'benda' atau 'noun'. Pada kasus kalimat kedua, bagian yang sama adalah 'train' karena kalimat tersebut kalau ditulis lengkap akan berbunyi:
My friend should be on the train, (namely the train that is) arriving at the station now.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top