Adverbial Clause

Adverbial Clause atau Klausa Adverbia adalah klausa yang memiliki fungsi adverb, yakni menerangkan semua jenis kata selain kata benda. Karena fungsinya yang demikian itu, Adverbial Clause memiliki posisi yang sangat dinamis dalam kalimat. la dapat berada di depan, tengah-tengah, atau pun di bagian belakang kalimat, bergantung pada bagian yang diterangkannya. Adverbial clause pada umumnya merupakan anak kalimat (sub-clause)yang posisinya bisa mendahului ataupun berada di belakang induk kalimat (main clause) Perhatikan contoh-contoh berikut:

When I saw you, you lived in Washington. You lived in Washington when I saw you. I left early so that I can catch the train.

Pada kalimat pertama When I saw you merupakan keterangan waktu, yang menjelaskan persitiwa yang digambarkan dalam induk kalimat (you lived in Washington) Oleh karena When I saw you merupakan keterangan waktu dalam bentuk klausa, maka keterangan tersebut dapat diistilahkan sebagai 'klausa adverbia' yang menerangkan waktu atau adverb clause of time. Perhatikan bahwa 'tanda koma' muncul menyekat anak kalimat dengan induk kalimat. Konstruksi ini bisa digambarkan sebagai berikut:

Connector Subject Verb, Subject Verb.

Pada kalimat kedua When I saw you memiliki fungsi sama seperti pada contoh kalimat pertama. Bedanya letak 'klausa adverbial' pada kalimat kedua ini ada di bagian belakang kalimat. Anak kalimat yang terletak setelah induk kalimat tidak memerlukan kehadiran 'tanda koma' untuk menyekat kedua klausa tersebut. Konstruksi ini bisa dirumuskan sebagai berikut:

Subject Verb Connector Subject Verb

Pada kalimat ketiga kita dapat melihat bahwa konstruksi kalimat tersebut adalah Subject Verb Connector Subject Verb. Induk kalimat I left early dan anak kalimanya so that I can catch the train. Kehadiran 'tanda koma' tidak diperlukan dalam konstruksi kalimat ini karena induk kalimat terletak di depan anak kalimat. Perhatikan bahwa, kalimat ketiga tidak sama dengan kalimat pertama dan kalimat kedua dalam hal jenis adverb-nya. Kalau kalimat pertama dan kedua 'klausa adverbia' tersebut berfungsi menerangkan 'waktu' sehingga disebut adverb clause of time, maka pada contoh ketiga ini 'klausa adverbia' berfungsi menerangkan tujuan) sehingga disebut sebagai adverb clause of purpose. Perlu untuk diketahui bahwa adverb of purpose dapat dikenali dengan hadirnya indicator sebagi berikut: so that, in order that, to, dan so as to.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top