Appositive

Appositive dapat didefinisikan sebagai 'informasi tambahan' atau 'additional information' yang berfungsi memperjelas Subject atau Object sebuah kalimat. Appositive selalu disertai dengan hadirnya tanda baca 'koma' yang membatasi 'informasi tambahan' tersebut. Dengan demikian, pembahasan mengenai appositive tidak dapat dipisahkan dengan pembahasan mengenai Subject/Object dan 'koma'. Appositive bukan merupakan bentuk redundant atau pengulangan karena ia tidak mengulang kata-kata tertentu, tetapi memperjelas kata-kata tertentu. Dalam struktur penulisan bahasa Inggris, bentuk redundant atau pengulangan kata tertentu tidak diperkenankan dan dianggap error. Perhatikan contoh berikut:
1. My father, he is a teacher
2. Suharto, the ex president of Indonesia, celebrated his birthday yesterday.
3. His favourite exercise, plaving football on Sunday, kept him fit.
4. One of my sisters, she works as a translator.
5. The company commander, who was Captain Madison, assembled his men and announced their mission.
Pada kalimat no 1 dan 4 terjadi redundant. Bukti terjadinya redundant terlihat dari hadirnya kata 'he' pada kalimat no 1 dan kata 'she' pada kalimat no 4. Kata 'he' pada kalimat no 1 tidak perlu muncul karena My father sudah jelas sama dengan 'he'. Demikian juga kata 'she' yang hanya mengulang kata 'sister',

kehadirannya tidak diperlukan lagi karena munculnya kata sister sudah mencakup kata 'she'.
Kalimat no 2 tidak dapat dikelompokkan sebagai redundant karena hadirnya kata the ex president of Indonesia dianggap mem-perjelas kata 'Suharto', dan bukan mengulang kata tersebut. Hal ini karena Suharto dapat mengacu pada setiap orang yang bernama Suharto, seperti: Suharto, sahabat saya yang menyewakan jasa pengetikan komputer; atau Suharto, kolega saya yang mengajar di Fakultas Ilmu Budaya, UGM. Frasa the ex president of Indonesia merupakan appositive atau detail of information yang melekat pada kata 'Suharto' di atas.
Kalimat no 3 juga sama dengan kalimat no 2. Pada kalimat no 3, hadirnya frasa playing football on Sunday memperjelas his favorite exercise yang bisa saja playing basketball, jogging, atau lainnya. Dengan demikian frasa playing football on Sunday bukan merupakan redundant. Frasa tersebut berfungsi sebagai appositive, yakni rincian yang dalam konteks tersebut memberikan informasi mengenai jenis favorit exercise~nya.
Kalimat no 5 menunjukkan bahwa hadirnya klausa who was Captain Madison memberikan informasi pasti mengenai The company commander yang dibicarakan dalam konteks situasi tersebut. Dengan demikian, klausa who was Captain Madison bukan redundant, melainkan 'detail informasi' yang diperlukan untuk menjelaskan The company commander.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top