Adjective Clause

Adjective Clause atau 'klausa ajektiva' adalah klausa yang memi-liki karakter ajektif dalam kalimat. Oleh karena ajektif memiliki fungsi menerangkan kata/frasa benda, maka Adjective Clause dapat didefinisikan sebagai klausa yang bertugas menerangkan kata/frasa benda. Adjective Clause lazimnya didahului oleh kata-kata seperti: who, whom, which, that, whose, of which, by which, dsb. Adjective clause dapat pula didahului oleh kata-kata seperti when, where, dll. Perhatikan contoh-contoh berikut:
The blond girl who just came in is Sarah
I don't like people who lose their tempers easily
This is Henry, whose wife works for my brother-in-law.
Pada kalimat pertama, yang bercetak miring merupakan sebuah klausa. Klausa adalah bagian dari kalimat yang mengandung unsur Subject dan Verb. Oleh karena klausa tersebut mempunyai fungsi menerangkan frasa benda the blond girl, maka bagian yang bercetak miring itu disebut klausa ajektiva.
The blond girl who just came in is Sarah
S....... ..........., V
antibiotics, are used to treat
Pada kalimat kedua, yakni who lose their tempers easily adalah klausa yang menerangkan kata 'people'. Kehadiran klausa ajektif dalam konteks di atas sangat penting karena tanpa kehadiran klausa tersebut, informasi yang tergambar dalam kalimat menjadi kurang jelas. Perhatikan potongan kalimat berikut: / don't like people. Secara gramatik, kalimat tersebut telah memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai kalimat karena telah mengandung Subject dan Verb. Tetapi makna yang tercipta, sekalipun tetap bisa diterima, terasa tidak lengkap. "Saya tidak suka orang". Sebagai pembaca, kita akan bertanya lebih jauh "Orang yang mana?" atau "Orang yang bagaimana?" Dalam kalimat di atas, kehadiran klausa who lose their tempers easily (yang mudah naik pitam) benar-benar menjelaskan people (orang) yang dimaksud.
I don't like people who lose their tempers easily
Seperti contoh kalimat pertarha dan kedua, kalimat ketiga juga diwarnai hadirnya klausa dalam kalimat tersebut, yakni whose wife works for my brother-in-law, yang menjelaskan 'kata benda' Henry. Oleh karena klausa tersebut menjelaskan kata benda, maka klausa itu disebut sebagai klausa ajektiva atau klausa yang menerangkan benda.
This is Henry, | whose wife works for my brother-in-law.

0 comments:

Post a Comment

silahkan sharing pada colom coment...

© 2009 - Toefl Strategies Success | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top